MPlayer, My Favorite Movie Player

Diantara semua movie player di GNU/Linux, yg paling Saya suka adalah MPlayer. MPlayer juga adalah aplikasi pertama di Linux yg sukses Saya compile. Meskipun di openSUSE 11.1 MPlayer bisa diinstall dari DVD Repositori, sampai sekarang Saya senang banget kl instal MPlayer dari source code. Just like meet an old friends…😀

Ambil source code MPlayer ini dari sini, versi terakhir adalah MPlayer v1.0rc2 yg sudah cukup kadaluarsa😛 Versi yg lebih baru bisa diambil dari Subversion.

Jika ngerasa perlu, download juga Binary Codec dari halaman download yg sama. Binary codec ini berguna untuk menambah support untuk codec yg belum disupport secara native, seperti variasi RealVideo terbaru atau beberapa format yg jarang (uncommon) digunakan. Download codec yg sesuai dengan prosessor dan OS anda. Default directori untuk binary codec ini adalah /usr/local/lib/codec. Tapi jika binary codec ini diinstal ke direktori lain, sertakan direktori tersebut pada opsi --codecsdir saat melakukan konfigurasi.

Jika ingin mengunakan GUI, saat konfigurasi sertakan opsi --enable-gui, karena opsi ini di-disable secara default. Dan jangan lupa untuk mendownload salah satu skin sebagai pelengkapnya.

Pada kesempatan ini, Saya akan menginstal MPlayer pada direktori default-nya di /usr/local, Saya tidak akan menggunakan GUI MPlayer melainkan akan menggunakan SMPlayer, graphical front-end untuk MPlayer🙂

Source code MPlayer Saya ambil dari Subversion. Pada Konsole, dari home directory:

slametyp@laptop:/home/slametyp> mkdir src && cd src
slametyp@laptop:..slametyp/src> svn checkout svn://svn.mplayerhq.hu/mplayer/trunk mplayer

Directori mplayer akan tercipta pada direkctori ~/src, yg berisi source code MPlayer. Versi Svn MPlayer yg Saya gunakan adalah versi 29180. MPlayer Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi MPlayer menggunakan ./configure, gunakan opsi --help untuk melihat opsi-opsi lain untuk konfigurasi. Jika konfigurasi MPlayer sukses, ./configure akan memberikan summary dari konfigurasi MPlayer untuk system kita.

slametyp@laptop:..slametyp/src> cd mplayer
slametyp@laptop:..src/mplayer> ./configure
slametyp@laptop:..src/mplayer> make
slametyp@laptop:..src/mplayer> sudo make install

Perintah make digunakan untuk melakukan build MPlayer. Jika proses build ini sukses maka MPlayer sudah bisa digunakan, karena file binary mplayer dan mencoder sudah tercipta. Tapi, lanjut dengan instalasi adalah hal yg Saya lakukan.

MPlayer tidak secara default menyertakan font untuk onscreen display-nya. Karena itu, kita bisa menggunakan TrueType font yg terinstall di system dan membuat symbolic link ke ~/.mplayer/subfont.ttf atau ke /usr/local/share/mplayer/subfont.ttf. Panduan lebih lengkap untuk menginstall font bisa dilihat di sini.

Jika saat mengkonfigurasi MPlayer opsi --enable-gui digunakan, maka kita memerlukan skin untuk MPlayer. Extract skin yg telah didownload ke direktori /usr/local/share/mplayer/skins atau ke ~/.mplayer/skins. Buat symbolic link skin tersebut dengan nama ‘default’, karena yg pertama kali di-load oleh gmplayer adalah skin dengan nama ‘default’.

Setelah terinstall, cukup jalankan mplayer untuk menampilkan help atau mplayer nama_file_video.ogg, misalnya, untuk memutar video. Untuk memutar DVD, bisa dengan mplayer dvd://1. Jika mempunyai DVD dalm bentuk ISO image, gunakan perintah mplayer dvd://1 -dvd-device path_ke_dvd_berbentuk_iso_image.iso.

MPlayer playing Transformers
MPlayer playing Transformers

SMPlayer
SMPlayer yg Saya gunakan adalah versi 0.6.7 yg bisa di download dari sini. Download dan extract source code smplayer-0.6.7.tar.bz2 ke direktori ~/src, kemudian masuk ke direktori smplayer-0.6.7 dan lakukan proses instalasi:

slametyp@laptop:..slametyp/src> tar xjvf smplayer-0.6.7.tar.bz2
slametyp@laptop:..slametyp/src> cd smplayer-0.6.7
slametyp@laptop:..src/smplayer-0.6.7> make
slametyp@laptop:..src/smplayer-0.6.7> sudo make install

SMPlayer bisa dijalankan dengan perintah smplayer dari console atau KRunner, atau dari menu Applications->Multimedia->Video Player->SMPlayer.

SMPlayer
SMPlayer

Lanjut liat Transformers lagi ahhh…😀

MPlayer, My Favorite Movie Player

Satu pemikiran pada “MPlayer, My Favorite Movie Player

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s