NTLDR is missing

Kemarin pagi, seorang tetangga depan rumah bertamu sambil membawa laptopnya. Langsung mbatin, “Biasanya membawa masalah nee… :P”.  Acer (tipe yg tidak Saya ketahui) dengan sistem operasinya Windows. Katanya sih Vista (does it matter??). Dan bener aja, Beliaunya langsung bilang, “Laptop ku koq gak idup bisa ya?”

Langsung boot si Acer, dan gak berapa lama dia langsung menyalak:

NTLDR is missing
Press Ctrl+Alt+Del to restart

Bah, udah paling males kalo berhubungan dengan error di Windows. Yang terbayang, udah pasti harus punya installer Windows dan siap-siap makan hati dengan ulahnya Windows yg lain (eit, tapi minumnya Es Degan Ibu Warung ajahh…😛 ).

Bukannya nggak mau nolongin repair Windows-nya sih, tapi untuk menghindari kerepotan-kerepotan di belakang hari, langsung aja kasih saran supaya di-repair ke toko tempat beli Laptop itu. Dengan wajah memelas, Ybs. langsung cerita kalau “ada data-data pekerjaan penting yg harus diselesaikan…”, “tadi malam masih bisa koq, tapi pagi tadi langsung nggak bisa…”, “mungkin kena virus dari UFD adiknya…”, dll..

Data-data miliknya bukanlah hal yg penting untuk Saya, nasihat untuk mengingatkan agar meminta data-data dibackup sebelum Windows-nya di-repair juga sudah Saya berikan. [evil mode=on] Salahe ng’gae Windows! [/evil] Tapi koq, nggak tega juga ya. Nyerah, akhirnya Saya ambil UFD yg masih terinstall openSUSE 11.1 GNOME LiveUSB😀

Dengan Linux, Saya bisa “membackup” data pekerjaannya, dengan Linux pula Saya mengetahui kalau di USBFlashDisk-nya sendiri kemungkinan virus itu berasal. File autorun.inf-nya adalah file biner, yg bahkan Dolphin Nautilus saja meminta konfirmasi untuk menjalankannya, serta didalam folder recycler ada file biner lain. Sudah attributnya hidden, read-only pula. Well, Saya bukan virus expert, tapi Saya katakan padanya kalau kemungkinan virus itu dari UFD-nya bukan milik adik-nya. Biar nggak asal tuduh, biar sebagai pengguna Windows jadi lebih bertanggung jawab.

Tapi ironisnya, dia bahkan nggak bertanya dengan apa data-datanya bisa Saya ambil… Sigh… Jadi semakin bertanya-tanya. Masa iya sih, End User Windows itu nggak bisa ‘kenal’ dengan  komputernya sendiri???

NTLDR is missing

7 pemikiran pada “NTLDR is missing

  1. KapokWin berkata:

    wah ya lain dong mas, antara orang awam komputer sama jagoan linux kaya mas…
    jangan kan mereka tau linux, windows aja banyak yang gak tau (minimal di lingkungan saya) kalo windows tuh hanya salah satu operating system…
    dipikir namanya pc ya isinya udah ada program/windowsnya,
    dan mereka juga banyak yg ga nyadar ada istilah program/windowsnya bajakan…
    taunya ya cuma nyalain pc/laptop, pake ngetik/ngenet/stel lagu/film, kerjaan beres, matikan komputer, selesai…
    dan mereka kebanyakan paling ga suka berlama2 dgn komputer, lain dengan yang orang yg suka ngoprek….
    kalo ada masalah, nanya ke orang jago komputer kaya mas, dan mereka gak ngerasa perlu nanya gimana cara benerinnya, karena mereka pikir mereka ga bakalan ngerti, jadi percuma nanya2, yang penting komp bener….
    kalo saya lama2 saya kasih tarif aja, minimal rokok🙂

    1. Hmm.. Bener juga sih yg KapokWin bilang, itu adalah realita yg tak bisa disangkal, oleh sebab itu Saya menggunakan istilah “End User”, meskipun artinya Saya paksakan nggak karuan, Pengguna Akhir alias tinggal pake aja..😛 Kenyataan yg sangat Saya sayangkan…

      Jika saja setiap End User berkenan untuk belajar lebih kenal dengan komputer milik mereka, bukankah itu bisa lebih memudahkan mereka sendiri untuk ber-komputer ria? Ahh.. Entahlah, nggak habis pikir Saya.

      Jadi teringat signature Seorang dedengkot Linux:
      “Gunakan FOSS: legal, menghemat devisa dan mencerdaskan bangsa!!!”

      Thanks KapokWin, udah mampir. Salam kenal yaa..🙂

  2. jeffrey berkata:

    buat pengguna os apa pun jangan sok jago n tau
    setiap os ada kelebihan n kekurangannya
    sebaiknya saling memberi dan berbagi
    agar indonesia ngak kalah dari negara lainnya
    thanks

    1. Terima kasih Mas Jeffrey atas komentarnya..🙂 Saya setuju dengan Anda kalau setiap OS ada plus/minus-nya.

      Kenapa Mas nggak membuat artikel tentang bagaimana mengatasi “NTLDR is missing” ini??? Saya penasaran. Atau jika sudah, beri Saya link-nya. Saya akan dengan besar hati memuat artikel Mas di blog Saya ini, tentu saja dengan kredit artikelnya tetap pada Mas Jeffrey…🙂

      Salam kenal ya Mas Jeffrey🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s